• Momandkidsradio

PDAM Tirtawaning Antisipasi Musim Kemarau

Updated: Jul 15, 2019

Humas Kota Bandung menggelar Forum Bandung Menjawab bertempat di Taman Sejarah Wiranatakusumah Kota Bandung Jl.. Aceh No. 36 Bandung.


Narasumber pada Forum Bandung Menjawab yang hadir antara lain; Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung. Topik yang diangkat Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2019. Sedangkan PDAM Tirtawening Kota Bandung topik yang diangkat adalah antisipasi musim kemarau.



Sejak bulan April 2019 lalu, Kota Bandung dan sekitarnya telah mengalami musim kemarau. Badan Meteorolog Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus 2019 mendatang.


Warga Kota Bandung perlu menganisiasi perubahan musim ini, terutama berkaitan dengan cadangan air untuk keperluan sehari-hari.


Antisipasi juga dilakukan oleh PDAM Tirtawening Kota Bandung. Sebagai operator yang mengandalkan ketersediaan air baku utama di Situ Cipanunjang dan Situ Cileunca, PDAM Tirtawening juga harus siaga manakala debit air di kedua sumber itu mulai berkurang.


PDAM Tirtawening juga mengandalkan sumber air baku lainnya, seperti di Sungai Cisangkuy, Sungai Cikapundung, Sungai Cibeureum, dan Sungai Cipanjalu.


Namun akhir-akhir ini, musim kemarau membuat salah satu sumber, yaitu Cipanjalu, terkendala pasokan airnya karena harus berbagi dengan irigasi sawah petani setempat. Hal itu berdampak pada 2000 pelanggan yang teraliri airnya dari sumber tersebut.


PDAM Tirtawening akan mengulas langkah antisipatif dalam menghadapi musim kemarau yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir tahun ini dalam Bandung Menjawab edisi Kamis (11/7/2019). Masyarakat juga perlu memahami langkah antisipatif yang bisa dilakukan untuk menjaga cadangan air tanah tetap tersedia selama musim kemarau.



Selain itu, Bandung Menjawab juga akan membahas persiapan puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tingkat Kota Bandung, oleh dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung.


Sebagaimana diketahui, Wali Kota Bandung, Oded M. Dania meraih penghargaan dari menteri Sosial Republik Indonesia, Agung Gumiwang Kartasasmita sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia, Rabu (10/7/2019).


Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas komitmen Pemerintah Kota Bandung untuk memuliakan lansia, dengan berbagai kebijakan dan program, Kota Bandung memiliki bidang dibawah DP3APM yang secara khusus menangani soal lansia.


Kota Bandung juga menginisiasi pembentukan relawan Sahabat Lansia bekerja sama dengan perguruan tinggi di Kota Bandung. Relawan tersebut bertugas untuk menemani lansia agar para lansia tetap mendapat perhatian dan kasih saying dari orang-orang sekelilingnya.

8 views
  • Facebook - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
  • Twitter - Black Circle
  • Deezer - Black Circle

Office : (022) 87301019

©MOM AND KIDS RADIO