• Momandkidsradio

Keterlambatan Perkembangan Anak

Updated: Jul 18, 2019

Health Talk bersama dr. Rina Puspasari Suryana., SpKFR dari Rumah Sakit Umum Hermina Arcamanik menjelaskan bahwa keterlambatan perkembangan adalah ketidaksesuaian kemampuan anak berdasarkan usianya. Ada beberapa gejala seorang anak mengalami keterlambatan perkembangan.



Seorang anak dikatakan terlambat perkembanannya jika memiliki beberapa gejala, dan dapat dilihat dari 4 aspek seperti:


1. Motorik Kasar

2. Motorik Halus

3. Kemampuan Bicara

4. Psikososial


Jika salah satu aspek kemampuan anak belum muncul kemampuan tersebut belum muncul pada usianya, maka anak tersebut mengalami keterlambatan.


Ketika mommy melihat atau khawatir si kecil mengalami keterlambatan, mommy bisa berkonsultasi dengan dokter anak dengan screening, dan bila hasilnya positif, disarankan untuk dirujuk ke dokter rehab medik. Penanganan akan dilakukan oleh Tim tumbuh kembang yang terdiri dari dokter Rehabilitasi dan Timnya (Terapis, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Terapi Wicara, Psikologi) dan Dokter Spesialis Anak.



Jika anak sudah mendapatkan program rehabilitasi untuk jangka waktu tertentu maka akan dievaluasi oleh Dokter Rehabilitasi dan juga Dokter Spesialis Anak. Setiap anak memiliki waktu rehabilitasi yang berbeda-beda tergantung banyak faktor, dan salah satunya adalah dukungan keluarga yang akan menjadi kunci pada program rehabilitasi.


  • Facebook - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
  • Twitter - Black Circle
  • Deezer - Black Circle

Office : (022) 87301019

©MOM AND KIDS RADIO